Struktur Kurikulum


STRUKTUR, DAN MUATAN KURIKULUM

A.          STRUKTUR KURIKULUM
Struktur kurikulum adalah pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional  Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah terdiri atas:
a.    kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia,
b.  kelompok mata pelajaran kewarganegaraan  dan kepribadian,
c.    kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi,
d.    kelompok mata pelajaran estetika, dan
e.    kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.
Cakupan setiap kelompok mata pelajaran adalah sebagai berikut:
Tabel 1.   Cakupan Kelompok Mata Pelajaran
No
Kelompok Mata Pelajaran
Cakupan
1.
Agama dan Akhlak Mulia
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.

2.
Kewarganega-raan dan Kepribadian
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.

3.
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMP/MTs/SMPLB dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi dasar ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.

4.
Estetika
Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.

5.
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SMP/MTs/SMPLB dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.
Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.


Struktur kurikulum yang dikembangkan di  SMP Negeri 2 Kedungjati , mengacu pada Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan berdasarkan Keputusan Mendiknas RI No. 22, 23, dan 24 Tahun 2006 dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi satuan pendidikan (sekolah), potensi daerah/karakteristik daerah, sosial budaya masyarakat setempat, demografis, serta faktor-faktor lainnya.
Struktur Kurikulum di SMP Negeri 2 Kedungjati tersusun sebagai berikut:

Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu

VII
VIII
IX
A. Mata Pelajaran



1.  Pendidikan Agama
2
2
2
2.  Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
3.  Bahasa Indonesia
4
4
4
4.  Bahasa Inggris
4
4
4
5.  Matematika
4
4
4
6.  Ilmu Pengetahuan Alam
4
4
4
7.  Ilmu Pengetahuan Sosial
4
4
4
8.  Seni Budaya
2
2
2
9.  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
10. Keterampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
B. Muatan Lokal:
 Bahasa Jawa
               

2


2


2

C. Pengembangan Diri :
1. Pelayanan Konseling
2. PRAMUKA
3. PMR
4. Conversation Inglish
5. Drum Band
6. BTA
7. Band
8. Komputer
9. Olimpiade Sains (Matematika, IPA, IPS)
10. Teater

2*)
2*)
2*)
Jumlah
34
34
34
*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran (dilaksanakan di luar jam pelajaran)

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan lengkap dapat diunduh disini

SPENDAKTI Menyala, Sabet Gelar Pelaksana Terbaik Sekolah Adiwiyata Kabupaten Grobogan

Dalam ajang penilaian sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Grobogan, SMP Negeri 2 Kedungjati berhasil meraih prestasi gemilang. Sekolah yang ...

Sambutan Kepala Sekolah

Assalamu'alaikum wr. wb., salam sejahtera bagi kita semua.

Selamat datang di blog kami.

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi yang tak lagi mengenal batas kota-desa, tua-muda, guru-siswa. Oleh karena itu, tentunya kami keluarga SMPN 2 Kedungjati ingin pula merasakan berkah booming internet di kalangan dunia pendidikan. Niat awal blog ini kami buat untuk media komunikasi online segenap civitas akademika SMP Negeri 2 Kedungjati. Semoga ke depan blog ini pun menjadi salah satu media pembelajaran online khususnya bagi siswa dan guru di SMP kami tercinta. Ke depan, setiap kegiatan dan hasil kegiatan yang dilaksanakan di SMPN 2 Kedungjati akan dipublikasikan melalui blog ini, tentunya dengan tujuan setiap informasi kami tak lagi dibatasi tempat dan waktu.

Selamat berselancar, semoga teknologi membawa kita menuju tempat yang lebih bercahaya.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

tim IT spendakti. Diberdayakan oleh Blogger.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *